Nov 11, 2008

Dari Penjara ke Pigura, sebuah pameran seni rupa..

Start:     Oct 17, '08 10:00a
End:     Dec 6, '08
Location:     Galeri Salihara, Jalan Salihara, Pasar Minggu, Jaksel
SEMPATKANLAH mampir ke Galeri Salihara, di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dalam pekan-pekan ini. Di galeri milik Komunitas Salihara (yang baru saja diresmikan) itu, Anda akan menikmati sejumlah lukisan atau karya instalasi yang "tidak lazim".

Kusebut tidak lazim, karena pameran seni rupa ini menampilkan lukisan dan karya instalasi yang berangkat dari teks-teks yang ditulis oleh sejumlah tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia -- dalam perjuangan melawan cengkeraman kolonialisme. Itulah sebabnya, para kurator menamakan pameran ini "Dari Penjara ke Pigura".

"Teks-teks itu (yang berasal dari dari naskah pidato, artikel, surat, atau catatan harian)", demikian keterangan para kurator dalam buku pengantarnya, "adalah buah pikiran (atau ungkapan pengalaman) Sukarno, Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Tan Malaka, dan lain-lain."

Petikan teks-teks itu, lanjut kurator, kemudian ditafsir ulang, diolah dan dihidupkan kembali -- dalam beragam medium, oleh sejumlah perupa Indonesia (yang terpilih mengikuti pameran ini).

Pameran ini -- yang berlangsung mulai 17 Oktober sampai 6 Desember 2008 nanti -- menghadirkan karya-karya mutakhir sejumlah perupa, antara lain Agus Suwage, Dadang Christanto, Diyanto, Djoko Pekik, Hanafi, Mella Jaarsma, Oky Arfie, S Teddy D, Tisna Sanjaya, Ugo Untoro, dan Yuswantoro Adi.




No comments: