Dec 31, 2008

"Kolak pisang" bikinan sendiri...

Rating:★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Bintaro, Sektor 9, Tangerang Selatan
AGAK frustasi lantaran sulit mendapatkan menu kolak pisang di sebagian tempat di Jakarta, yang akhirnya bisa kulakukan adalah bikin dan masak sendiri makanan "masa lalu" itu -- tentu ditemani istri, utamanya ketika bicara "kapan dan berapa air yang harus dicampur santan (instan)".

Dan, hasilnya, tak begitu mengecewakan. "Enak juga," kata istriku, seraya menyantap kolak pisang itu, hari Minggu (28/12) lalu. Anakku sayangnya belum terbiasa dengan makanan tersebut, dan menolak mencicipinya. Dalam dua hari, praktis kolak pisang itu akhirnya ludes -- setengah porsi tertinggal di kulkas di kantor.

Tapi kolak pisang (tanpa dicampur bahan lain, seperti kolang-kaling, atau ubi) adalah makanan favoritku. Utamanya, apabila kuah santan kolak itu kental, dan dicampur gula Jawa. Dan biasa kusebut sebagai "makanan masa lalu", karena yang kuingat makanan itu disajikan saat buka puasa -- dan ini artinya kolak pisang bikinan ibuku, dulu.

Dalam perjalanannya, aku pernah beberapa kali merasakan "varian" kolak pisang -- yang ternyata tidak tunggal. Ada warna kuahnya yang agak kelabu ("itu artinya dia nggak pakai gula merah," celetuk istriku), lalu bahkan dicampur es batu segala.

Yang terakhir ini, menurutku, agak aneh. "Karena, seingatku, kolak itu dahsyat rasanya kalau disajikan pas panas," jelasku, bila berdiskusi ihwal selera kolak di depan istri -- dan memang enggak bisa ketemu, akhirnya.

Tapi aku lupa jenis pisang apa yang kubeli kemarin. Tapi menurut penjualnya, bisa untuk digoreng -- dan kusimpulkan sendiri, itu artinya bisa juga dibikin kolak.

Dan seperti kusebut di awal, rasa kolak bikinanku itu (plus campur tangan istriku), lumayan juga -- untuk ukuran tukang masak pemula (he,he,he... ini pengalamanku pertama bikin kolak pisang). "Tapi jangan langsung dimakan dulu, biarkan pisangnya meresap dulu," katanya, setelah kumasukkan pisang dalam kuah santan yang sudah mendidih.

Dan kalau kusebut diriku agak frustasi ketika sulit mendapatkan kolak pisang, itu ada benarnya. Dulu ketika keinginan itu meluap-luap, aku di kala senggang ke sebuah restoran kecil di sebuah mal langganan -- biasanya di akhir pekan. Di sana, mereka menyediakan menu kolak pisang. Namun semenjak restoran itu berganti rupa, praktis aku cuma bisa menyantap kolak pisang saat ramadhan, atau ketika ibu mertuaku kebetulan membuat makanan itu. ***

No comments: