Dec 16, 2007

Rabu (19/12), Borussia Dortmund lawan Tim Nasional Indonesia

Start:     Dec 19, '07 05:00a
Location:     Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
SETENGAH tidak percaya, kabar rencana kedatangan kesebelasan Borussia Dortmund (salah-satu klub sepak bola peserta Liga Utama Jerman, yang kini di urutan 9) ke Jakarta, saya terima dari rekan sekantor, awal pekan lalu. Klub berseragam kuning-hitam itu akan bertanding melawan tim senior nasional Indonesia, hari Rabu, 19 Desember ini, di Stadion Gelora Bung Karno. "Jangan-jangan yang datang hanya pemain cadangannya," tanyaku, setengah berkelakar.

Saya kurang percaya, karena sejauh ini minim sekali promosi atas rencana pertandingan itu. Itulah sebabnya, diwarnai penasaran, saya lantas mengecek langsung ke website milik PSSI, dan ternyata rencana itu tidak salah. Menurut situs web itu, Dortmund akan membawa 18 pemain terbaiknya, tapi minus dua pemain bintangnya. Striker asal Swiss Alexander Frei dan gelandang Jerman Lars Ricken, dipastikan tidak hadir di Jakarta, karena alasan cidera.

Situs PSSI menjelaskan, selain membawa 18 pemain, klub yang pernah melahirkan pemain bertahan tim nasional Jerman, Jurgen Kohler dan Matthias Sammer ini, akan menghadirkan sang pelatih utama, yang juga mantan pemain timnas Jerman Thomas Doll.

Borussia Dortmund dijadwalkan tiba di Jakarta pada hari Senin (17/12) pukul 19:20 WIB lewat penerbangan SQ. Tim akan menginap di Jakarta Intercontinental Hotel. Menurut PSSI, pada Selasa (18/12), para pemain Dortmund akan berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 09:30 WIB. Latihan ini sekaligus digunakan untuk mencoba lapangan yang akan menjadi arena pertandingan nanti.

Acara jumpa pers dengan para wartawan pra pertandingan akan dilangsungkan di Jakarta Intercontinental Hotel pukul 13.00 WIB. Selanjutnya para pemain akan mengadakan coaching clinic dengan sekolah sepakbbola dan sekolah Jerman di Jakarta. Acara ini berlangsung di kawasan Mesjid Al Bina, Senayan Jakarta. Dalam kesempatan tesebut juga sekaligus dijadikan ajang jumpa fans.

Acara pada hari Selasa (18/12) itu akan diakhiri dengan welcome dinner para pemain dan ofisial Dortmund dengan direksi Media Nusantara Citra di Jakarta Intercontinental Hotel. Panitia juga akan memberikan undangan khusus kepada media dalam acara ini.

Pertandingan antara timnas Indonesia vs Borussia Dortmund sendiri akan berlangsung mulai pukul 17:00 WIB. Pertandingan tersebut, menurut PSSI, akan disiarkan langsung oleh Stasiiun Televisi RCTI.

Skuad Dortmund :
Goalkeepers
Roman Weidenfeller (Jerman)
Marc Ziegler (Jerman)

Defenders
Martin Amedick (Jerman)
Markus Brzenska (Jerman)
Dede (Brasil)
Robert Kovac (Kroasia)
Cristian Worns (Jerman)

Midfielders
Jaukb Blaszczykowski (Polandia)
Giovanni Federico (Jerman)
Daniel Gordon (Inggris)
Sebastian Kehl (Jerman)
Florian Kringe (Jerman)
Marc-Andres Kruska (Jerman)
Sebastian Tyrala (Jerman)

Strikers
Delron Buckley (Afrika Selatan)
Diego Fernando Klimowicz (Argentina)
Mladen Petric (Kroasia)
Nelson Valdez (Paraguay)

5 comments:

haris fauzi said...

nonton ga, mas ?

Affan Alkaff said...

pengin nonton, Haris, tapi ada kendala waktu.. mungkin nonton via televisi.. :)

haris fauzi said...

ya..soalnya malam takbiran juga kayaknya..:)

Affan Alkaff said...

hehehe.. aku baru ingat, Ris..:)

haris fauzi said...

saya ingat..soalnya selasa besok ada soft launch album grup band Miracle di kuningan..trus sabtunya ada dream theater nite di bogor...ditengah2 itu ada idul adha...:)