Feb 1, 2008

Bakpao Ibu Maria

Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Chinese
Location:Jakarta
"FAN, mau beli bakpao kah? Ini saya bawa, bakpao isi unti..." Suara seorang ibu dengan logat Menado, tiba-tiba memecah suasana kantor, hampir saban pagi. Biasanya, Ibu Maria, begitu dia begitu disapa, datang seraya membawa bungkusan plastik. Isinya, selain bakpao, dia juga membawa kue sambosa, kucur, atau apem...

Saya biasanya memilih bakpao, yang isinya berupa kelapa yang dicampur gula merah -- Ibu Maria menyebutnya bakpao "unti". Kupilih bakpao unti, dan bukan yang isi keju atau kacang ijo, tentu ada latarnya. Dulu, dulu sekali, bakpao ini gampang kudapatkan, karena faktor ibuku -- seminggu sekali biasanya dia rajin membuat penganan ringan yang kita makan bareng-bareng saat sore hari...

Dari kebiasaan mengkonsumsi bakpao jenis itu, sejak masa kanak-kanak itulah, aku punya gambaran: bakpao itu selalu berisi parutan kelapa dicampur gula merah. Dan ketika di jalan, aku melihat penjual bakpao dengan isi kacang ijo atau daging, aku selalu heran. "Kok nggak ada yang seperti dibuat ibuku?"

Semenjak saat itulah (sejak aku meninggalkan kota Malang, tempat masa kecilku, tahun 1996), rasanya sulit menemukan bakpao "unti", sebelum akhirnya aku bertemu Ibu Maria. Kapan persisnya saya kenal ibu asal Menado, Sulawesi Utara itu, saya lupa -- mungkin sekitar tahun 2006.

Yang jelas, ibu yang gemar mengenakan baju bermotif bunga ini, menjual penganan itu dengan mendatangi langsung kantor tempat saya bekerja. Dia diantar suaminya yang mengendarai sepeda motor. Sebagian penganan itu dititipkan suaminya, sementara dia menawarkan sebagian ke penghuni setiap kantor di sejumlah lantai pada gedung itu. "Selain ke sini (Gedung Deutsche Bank, Jalan Imam Bonjol), saya juga punya langganan di gedung BII (Jalan Thamrin)," ceritanya, suatu saat.

Tidak semua teman di kantor menggemari bakpao itu. Mungkin cuma saya, dan satu orang lagi. Saya biasanya beli 4 buah, satu untuk sarapan, sisanya buat sore hari. Sambil menyeruput kopi panas, atau teh panas, bakpao unti ala Menado itu kumakan pelan-pelan, seraya mata melototi komputer...

Kalau ditanya bagaimana rasanya, tentu jawabanku subyektif: enak, karena porsi antara parutan kelapa + gula merah (nggak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit) dan bakpaonya pas. Apalagi kalau masih hangat, wah, nikmat sekali..

31 comments:

Affan Alkaff said...

belon selesai ya?

restu dewi said...

kalau unti biasanya untuk isi mendut di Sukun...itu lho kue yg dari ketan trus dibungkus daun..diisi unti biasanya...
Kucur Menado enak lho....khas ya....pakai gula merah & besar
oh...ya disebelah Jl. Cipto sini ada Dapur Menado lho...barusan buka
makanan semua ala Menado...

Vania Koeberlein said...

ah memang jajanan dengan kenangan masa kecil terasa lebih enak ya!
Eh mas aku nasabah Deutsche Bank loh...hehehehe

Affan Alkaff said...

.. ya, ibu restu, aku ingat penganan mendut, yang isinya unti itu... wih, jadui pengin jajanan pasar nih. Kalau kucur menado yang dijual Ibu Maria, mirip dengan kucur Jawa, warnanya kecoklatan serta manis... Boleh coba nih ke restoran Menado di Malang...(heem, jagung gorengnya itu yang enaak, plus sambalnya..)

Affan Alkaff said...

betul Van, jajan pasar itu bikin kangen, yang terkadang butuh waktu dan energi untuk cari di Jakarta... hehehe... Tempatku kerja itu letaknya di gedung deutsche bank, yang berlantai 20. Kami sewa di lantai 15.. Jadi numpang aja, Van... :)

Lenah Susianty said...

perlu alamatku untuk ngirim ke sini?

syaifuddin sayuti said...

kirim dong ke taman mini Fan...
penasaran.
soale biasane bakpao yang kutemui itu kacang hijau atau ayam.

Lenah Susianty said...

setahu aku sih, bakpao itu mula-mula isinya daging. Bak itu kalo ga salah merujuk ke daging babi, pao itu kulit putihnya. Nah setelah lama masuk ke Indonesia, muncullah bakpao dengan isi unti. Kalau isi kacang hijau kayanya sudah banyak. Yang suka dibuat ibuku, waktu aku kecil, itu isinya kentang manis dihancurkan. Makan panas-panas dengan teh hangat..yum yum

Affan Alkaff said...

boleh, boleh, Len... kasih alamat lengkapmu ya, jangan sampai nyasar ke Buckingham Place.. hehehe.. ;)

Affan Alkaff said...

taman mini sebelah mana, Din? hahaha.. aku tahu kok alamat kantormu. Mau pesan berapa? :)

Affan Alkaff said...

Iya, Len, setelah kupikir-pikir, bakpao unti itu khas Indonesia sementara aslinya itu berisi daging atau kacang ijo... Wah, Len, jadi tambah ngiler kau cerita bakpao isi kentang segala, hangat lagi... wuah.... :)

rahman AbduRahman said...

halah..salah masuk lagi..jadi laper..
ngepasin ujan2 lagi..:P

Affan Alkaff said...

hahahaha... kau pintar sekali Rahman, kalau soal makanan, selalu cari alasan "salah masuk" segala...:)

Lita Koeswandi said...

Fan, yang ini juga gue demen. Seinget gue, waktu kecil dulu, gue juga sering makan ba'pao unti ini.
Eh, enak juga kali ya makan ba'pao unti ditemenin ama kupi...di tengah hari ujan begini.
Tapiiiii..gue mesti cari ke mana dong???? Bu Maria kan gak dagang ampe tempat gue....!!!!! :))

Affan Alkaff said...

Iya, ya... aku baru inget Lit: gimana caranya agar orang lain bisa makan bakpao unti ala Ibu Maria itu... ha,ha,ha.. Besok kucari kontak dia, dan siapa tahu dia bisa diantar suaminya mampir ke kantormu, Lit.. kan nggak jauh kan....:)))

ika ardina said...

Ahhh deket lah.. sebrangnya Sarinah sama Duile bank...:D entar gue bilang tante Maria ini lah supaya mampir kantor lo... Klo gue sukanya sama panada dan lemper yang isinya tuna itu, sama kue cucur, sama bakpaonya juga... *Halah!!! ini sih judulnya semua!!!

ika ardina said...

Plus Pisang Dinginnya... Itu kayak nagasari cuma ukurannya 3 kali ukuran nagasari pada umumnya... Hmmmmmmm slurup dah..

ferra freeman said...

ya ampun itukan bakpau jaman gw kecil dulu..dialas daun pisang cuma warnanya merah muda isi unti juga slurppp...bu maria, saya mau donk pesen bakpau&panada nya..he.he

krisna diantha said...

homesickness begins with food, che guevara

Affan Alkaff said...

betul Fer, bakpao ibu Maria juga masih beralas daun pisang... Tapi, sayangnya, Ibu Maria nggak buka cabang di tempat Fera tinggal.. :)

Affan Alkaff said...

ha,ha.. betul sampeyan Kris... :)

haris fauzi said...

Fan, acara makanan di meja kantor memang ada2 aja yah...
pernah sesekali saya kehabisan jatah makan siang pabrik...terpaksa balik dari kantin ke meja kerja dengan lemes...tapi kaget, Fan..ternyata di meja udah ada rujak buah satu piring....ga ada yang ngaku ngasih lagi...waduh....lha ga makan nasi kok malah rujak, apa ga bikin mules ? hahahahaha....

Affan Alkaff said...

memang Haris, enaknya makan di kantor itu, nggak perlu mikir: mau makan apa, karena ada menu atau penjual makanan yang siap dengan sesuatunya.. Jadi, kita tinggal milih.. :)

Bagaimanapun, Ris, jadi tetap misteri ya, siapa yang memberi sampeyan rujak manis itu..

Ervan Hardoko said...

Sekali lagi Affan menunjukkan kemampuannya menyaingi Bondan "mak nyuss" Winarno

Affan Alkaff said...

huahahaha...

Atiek Soeroso said...

Duile....ibu Ika pake disebutin jenis kuenya satu persatu lagi, aku kan jadi ngiler!
E dodoe... kita rasa rindu deng itu kukis pisang (nagasari manokad) yang ukurannya emang sepertinya kurang sopan menurut ukuran orang jawa yang halus dan lembut ini huahahaha.... Eh tapi emang bener di Manado kukis pisang ama pisang goreng kipas yang dimakang deng dabu-dabu emang favorit banget, mungkin kaya jajanan gorengan di sini, gampang banget nemunya.

niniel wda said...

masalahnya kapan ibu maria itu mampir ke proklamasi ya?

Affan Alkaff said...

mau kukirim ke Proklamasi, Nil..? Alamatnya yang jelas, ya.. hehehe :)

haris fauzi said...

ternyata cukup banyak bakpaomania di sini...wakakakakakakak.....

ika ardina said...

hehehehe... setelah 'kasus Beautika', ada kasus tante Maria ya Tiek hehehehehee... Btw, pisang dinginnya emang nikmeeeeeeeeeh

Affan Alkaff said...

iya, Ris... kau mau kukirim juga?... huahahaha.. :)