Aug 7, 2007

Affan tempo doeloe


JARAK umur kami hanya bertaut 2 tahun, dia kelahiran Agustus 1965, sementara aku lahir pada tahun 1967, bulan November. Sekarang dia bekerja di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, sementara aku masih berkutat sebagai wartawan di Jakarta. Terakhir bertemu abangku ini, saat aku meliput Asian Games di Qatar, Desember tahun lalu, dan pulangnya mampir ke kotanya....

MENENGOK ke masa lalu, mengapa tidak! Kalimat ini sengaja kutampilkan, untuk meneguhkan sikapku bahwa setiap orang barangkali tidak akan pernah bisa keluar sepenuhnya dari akarnya -- masa lalunya, masa kecilnya, atau lingkungan yamg membesarkannya, juga kebudayaannya.

Barangkali ada yang berupaya melupakan, tetapi kufikir dia akan selalu ingat... Tapi, tunggu dulu, sebetulnya apa salahnya dengan menengok masa lalu kita? Ada yang salahkah? Barangkali jawabannya, adalah soal takaran, masa lalu mana yang perlu diingat dan mana pula yang tak perlu diungki-ungkit lagi.

Nah, bagiku, dengan menampilkan lagi potret-potret kusam (yang sebagian besar hitam-putih) ini, aku bisa puas secara batiniah, bahwa ada sejarah yang panjang hingga aku menjadi ada seperti sekarang -- maka, bersyukurlah siapapun yang ikhlas melihat, dan berziarah, pada masa lalunya...

42 comments:

krisna diantha said...

you are lucky

Affan Alkaff said...

makasih atas komentarnya, kawan.. he, he.. tapi apanya yang lucky, Kris

ika ardina said...

gue jawab ya Kris... "lucky-nya itu bisa jadi penganten sunat" hahahahahaaaa...

Affan Alkaff said...

hua, ha.. ha.. dasar yang diinget nggak jauh-jauh dari sesuatu yang berbau sunat :P

krisna diantha said...

masih punya file file lama, kan lucky itu :-)
aku sudah gak punya sama sekali

Affan Alkaff said...

Oh, ya, itu kudapat dari foto keluarga di Malang, kuambil tanpa permisi :)

niniel wda said...

Hehe.. pengantinnya yang mana ni

Affan Alkaff said...

itu, tu, yang pakai paling cakep :P

Affan Alkaff said...

itu, tu, yang paling cakap :P

sensen gustavsson said...

Bagus fotonya Fan. Asyik ya.. masih punya koleksi foto tempo dulu..

Affan Alkaff said...

Makasih, kawan...Sensen pasti punya juga, dan menyimpan foto di masa kecilmu.. Ayo, Sensen, tampilkan juga dong.. :)

purwanti setia said...

waduh manis ya hihi.... sam, onok gak foto sing ambek aku

Affan Alkaff said...

kudu tak golekno sek, yo... sampeyan Malang nang di?

Alana Skiera said...

You're so lucky! I wish I had old pictures like yours. Hiks... hiks.. ortu gue kelewat miskin kali yee... (or anaknya kelewat banyak) jadi jarang sekali gue punya foto-foto waktu gue imut!

Affan Alkaff said...

halo Uli... mungkin lebih tepatnya karena bokap gw juga suka fotografi (maksudnya suka difoto..:)), dan agak terobesi dengan segala hal yang terkait dengan arsip, kenangan, dan barangkali sejarah...

Emilda Zaini Rosén said...

fan, elo mirip bokap banget... sampe kurus2nya.. :)

Affan Alkaff said...

bapakku agak gempal, Mil, karena dia hobi berenang, sementara aku tidak.. Hidungnya jelas mirip: agak besar seperti jambu air :)

restu dewi said...

wah...lucu sekali kecilnya Walid....jadi inget pangeran William & Harry

Affan Alkaff said...

ya, kalimat lucu selalu meluncur setiap lihat foto-foto di masa kecil...:)

Sigit -sihitamlegit- said...

fan gw tambahin..lucky-nya itu, foto foto masa kecil lu masih ngerasain hitam putih..gw pas kecil gag ada yg item putih fan, paling cuma pas foto buat raport doang yg item putih... :D

Lenah Susianty said...

eh asyik ya lihat foto zaman dulu, aku mau nyari juga ah

Affan Alkaff said...

betul Git, gw udah ngerasain foto hitam putih, walaupun dulu luar biasa senangnya saat dipotret berwarna.. he,he... :)

Affan Alkaff said...

ditunggu Lenah, foto-foto tempo doeloenya... :)

Vania Koeberlein said...

bajunya sama!

Vania Koeberlein said...

jujur...temen TK banyak yg lupa namanya...

Vania Koeberlein said...

bener ada horornya???? kok gak pakek seragam mas?

Vania Koeberlein said...

adow...jd ingat sunatan swamiku tapi gak pakek baju gini abis dia udah tua sunatnya hehehehehe 2 thn lalu...

Vania Koeberlein said...

kakakmu jg udah pakek sepatu tinggi ya...

Vania Koeberlein said...

suamiku sangat mengerti perasaanmu saat itu....

Affan Alkaff said...

iya, kayaknya hampir setiap orang tua, selalu suka kalau anak-anaknya bisa tampil sama dalam berpakaian... :)

Affan Alkaff said...

ha, ha,ha.. Horor dalam arti: para murid di sekolah itu selalu punya imajinasi yang aneh-aneh atas sejumlah sudut bangunan di sekolah itu. Dan imajinasi itu selalu diturunkan melalui budaya lisan, dan terus dipelihara... mungkin kalau orang itu sudah dewasa, seperti aku sekarang, cuma ketawa saat membincangkan lagi soal imajinasi itu.. ha,ha,ha...

Adapun soal seragam, Van, memang setiap hari Sabtu, murid-muridnya memakai baju bebas. Belakangan, saat aku klas 4 atau 5, selain baju bebas, pada Jumat wajib pakai baju pramuka... Sedangkan seragamnya dulu kemeja putih dan celana abu-abu... :)

Affan Alkaff said...

kalau sekarang, Van, dengan semakin berkembangnnya kecanggihan ilmu kedokteran, pasti rasa sakit itu akan makin berkurang... :) Percayalah.. ha, ha,ha..

Affan Alkaff said...

lucu Van, kalau suamimu pakai kemanten sunat segala.. ha, ha,ha...

Affan Alkaff said...

Van, dulu, mulai SD, aku rajin mencatat nama dan alamat teman-teman sekelas.. Tapi waktu TK, aku belum terfikir untuk melakukannya.. Jadi, seperti kamu, ada beberapa nama yang terlupa...

Sigit -sihitamlegit- said...

terakhir kali gw mengantar keponakan di sunat sekarang juga bukan cuma gag sakit tapi bisa dibuat motif juga Fan hahahaha

Atiek Soeroso said...

Asyik ya fan foto2 jadulnya. Fan, mungkin karena masa kecil kita di jaman & kota yang sama, makanya aku juga punya foto2 yang settingnya mirip2 itu : yang di sekolah ga pake sragam, berdua ama kakak pake baju kembar, foto rame2 ama ortu, tapi yang jadi penganten sunat yo gak onok rek...hehehe.....

Affan Alkaff said...

motif apaan, Git? Hua,ha,ha,ha...

Affan Alkaff said...

Atik, kau upload juga foto-foto itu.. dan memang, orang tua jaman dulu itu gemarnya 'memaksakan' anak-anaknya agar pakai baju kembar.. he, he... Nah, berhubung kita cuma anak cuma satu, akhirnya terkadang dibuat kembar dengan (baju) mamanya.. :)

Masih ada kan potretmu dengan teman-teman sekolahmu, kan? :)

retno palupi said...

Affan, kamu telaten orangnya ya. Masih simpan foto-foto kenangan tempo doeloe. Memang asyik melihat bagaimana kita dulu. Sweet memory

Affan Alkaff said...

Hai Retno! Foto-foto ini milik keluargaku, dan beberapa lembar kubawa tanpa permisi...hehehe... Memang, terkadang melihat masa lalu itu menjadi semacam kebutuhan, Ret...

lilik indayani said...

tes..

lilik indayani said...

fan aku mau nanya nih, kakakmu yang di foto itu namanya mila dan sofia ya, kalau gak salah mila dulu teman di sd muhammadiyah I malang dan sofia kakak kelasku. yuk-liek @ yahoo.co.id