Oct 1, 2007

Apakah anakku bakat menggambar?




DULU, dulu sekali, aku dikenal sebagai bocah yang gemar menggambar – sebagian orang bahkan menganggap aku berbakat. Setidaknya sampai sekolah menengah atas, aku masih terlatih menggambar wujud orang secara realis. Tapi bakat ini lambat-laun menguap (tidak berkembang), lantaran aku tidak menekuninya dengan berbagai alasan -- terakhir aku menggeluti profesi karikaturis sebelas tahun silam, dan tak berlanjut. Dan anehnya, kegiatan yang dulu menyenangkan itu, rasanya berat untuk dilakoni lagi sekarang – mudah-mudahan bukan karena faktor kesibukan, tentunya.

Kini, anakku (usianya 6 tahun pada Desember nanti) sepertinya mulai menggemari kegiatan menggambar – mirip yang kugeluti puluhan tahun silam. Hampir setiap ada kesempatan dia selalu menggoreskan spidol atau pinsil – entah di papan tulis, kerta kosong atau bahkan tembok rumah. Dia juga terlihat asyik jika tengah menggerakkan tangannya di media gambar yang tersedia.

Tentu saja, sebagai bapaknya, saya senang bila bakat itu juga dimilikinya – walaupun aku mafhum terkadang sulit membedakan apakah itu kesenangan sesaat khas anak-anak atau memang itu talenta. Harus kuceritakan pula, bahwa Aida – anakku itu -- saat-saat ini juga terlihat menyukai berenang, atau main piano..

Tapi justru di sinilah godaannya: saya selalu ingin tahu jawaban atas pertanyaan itu tadi. Pertanyaan berikutnya: jika dia berbakat, seberapa besar bakatnya? Dan bagaimana membuat dia mau menggelutinya secara total? Pertanyaan terakhir ini, terus-terang saja, juga dilatari pengalaman saya di masa kanak-kanak...

(pada akhir pekan lalu, 28 September 2007, Aida secara cepat menggambar 'pemandangan' dan kuabadikan beberapa momen...)

11 comments:

yaya asseagaf said...

Lucu en pinter :)

niniel wda said...

hehe..lucu Fan.

Affan Alkaff said...

makasih Yaya dan Ninil..:)

Toto_Waluyo . said...

pepatah jawa bilang, "Kacang ora ninggalake lanjaran" :)

boru martombak said...

ini point paling penting utk menggambar kayak na "berani" :)

Affan Alkaff said...

semoga saja, mas.. saya sih senang jika memang Aida memang minat menggambar ..:)

Affan Alkaff said...

Betul Ronasi...saya jadi ingat pak Tino Sidin, yang selain bilang "bagus", juga selalu mengatakan "jangan takut, goreskan saja.."

aya blue said...

Wah.. hebat aida... go aida... go...
Besok2x mau digambarin ma aida.. hehehe

Affan Alkaff said...

.. makasih Ayablue, dan maaf baru balas.. maklum habis mudik nih...:)

dita maulina said...

Gambarnya Aida di scan mas..trus buat untuk kartu pos kirim ke surabaya :)

Affan Alkaff said...

boleh Dit..